SERVICE AC JOGJA DAN SEKITARNYA, SIAP 24 JAM

Service ac jogja dan sekitarnya

Digna Mitra Isvara berkolaborasi dengan Panggil teknisi menghadirkan layanan service AC Jogja untuk Anda.

Panggilteknisi.com memberikan layanan Service AC untuk wilayah Jogja dan sekitarnya. Kami siap 24 jam dalam melayani panggilan untuk maintenance AC anda.
Layanan yang kami berikan antara lain: Service AC bongkar pasang, isi freon, perbaikan, jasa cuci AC Yang Terbaik.
Kami juga dapat memberikan layanan pengadaan AC.

Komponen penting dari AC

AC atau air conditioning adalah sistem yang digunakan untuk mengatur suhu dan kelembaban udara dalam ruangan. Beberapa komponen penting dari AC adalah kompresor, evaporator, kondensor, dan tekanan udara.

Ini adalah beberapa komponen terpenting dari AC :

  • Kompresor adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengubah fluida pendingin menjadi gas panas dan tekanan tinggi.
  • Evaporator adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengubah fluida pendingin menjadi cairan yang dingin.
  • Kondensor adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari fluida pendingin yang sudah dikompresi oleh kompresor.
  • Tekanan udara adalah tekanan yang diberikan oleh fluida pendingin pada sistem AC yang membantu dalam mengendalikan aliran udara dan mengatur suhu udara di dalam ruangan.

Mengapa AC perlu di service secara berkala?

Seperti dilansir dari laman Kompas.com, AC perlu untuk dibersihkan secara berkala. Namun terkadang hal ini diabaikan karena secara fisik AC tidak terlihat kotor. Padahal komponen di dalam AC terutama bagian filter di indoor dan kipas di outdoor nya sudah menumpuk banyak sekali debu.
Beberapa alasan mengapa perlu dilakukan service berkala :

  • untuk menjaga kesehatan anda
    AC yang sudah lama tidak dibersihkan, akan menjadi sarang bakteri dan virus. Karena anda bisa jadi setiap hari menghirup udara yang dihembuskan oleh AC tersebut, maka anda bisa terjangkit penyakit yang dibawa oleh bakteri maupun virus tersebut. Tentu anda tidak ingin menjadi sakit karena AC kotor kan?
  • Udara menjadi lebih bersih
    Seperti dijelaskan diatas, jika AC di maintenance secara berkala, maka udara yang anda hirup akan lebih bersih.
  • memperpanjang masa pakai AC
    Seperti alat elektronik lainnya, maintenance mutlak diperlukan agar masa pakai alat elektronik tersebut menjadi lebih awet. AC yang dimantenance secara berkala akan menjaga kerja AC tetap optimum.
  • Memastikan AC tetap dingin
    dengan maintenance berkala, kita dapat memastikan AC bekerja optimal dan suhu yang dihasilkannya tetap dingin. Ketika AC sudah lama tidak di maintenance, maka debu yang menumpuk di dalamnya akan menghambat udara dingin yang dihasilkan. Anda akan merasa udara lebih panas, lalu memasang AC dengan suhu yang paling dingin, sehingga menyebabkan AC lebih bekerja keras.
  • menghilangkan bau
    Jika bakteri atau virus sudah berkembang biak di dalam unit AC, maka terkadang akan ada bau yang keluar dari udara hembusan AC tersebut. Hal ini akan membuat anda tidak merasa nyaman berada di ruangan yang bau.

Bagian yang sering terjadi kerusakan pada AC yang jarang di maintenance.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada AC adalah:

  • Gangguan pada kompresor: Kompresor adalah bagian yang paling sering mengalami kerusakan pada AC. Kerusakan pada kompresor dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya pelumasan, tekanan yang tidak seimbang, atau pemakaian AC yang berlebihan.
  • Gangguan pada evaporator: Evaporator adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengubah fluida pendingin menjadi cairan yang dingin. Kerusakan pada evaporator dapat disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel pada evaporator atau pemakaian AC yang berlebihan.
  • Gangguan pada kondensor: Kondensor adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari fluida pendingin yang sudah dikompresi oleh kompresor. Kerusakan pada kondensor dapat disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada kondensor atau pemakaian AC yang berlebihan.
  • Gangguan pada sistem pendingin: Sistem pendingin adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengalirkan fluida pendingin ke seluruh bagian AC. Kerusakan pada sistem pendingin dapat disebabkan oleh bocor atau kebocoran pada pipa yang mengalirkan fluida pendingin.
  • Gangguan pada sistem pengendalian suhu: Sistem pengendalian suhu adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan. Kerusakan pada sistem pengendalian suhu dapat disebabkan oleh komponen elektronik yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Jadi sebelum menunggu adanya kerusakan pada AC anda, segera hubungi panggil teknisi dengan layanan service AC Jogja. Dijamin AC anda akan awet dan bekerja optimal.

AC saya tidak dingin, kenapa ya?

Ada beberapa sebab AC tidak bisa mendinginkan udara. Kamu bisa cek beberapa komponen di bawah ini:

  • Kompresor tidak berfungsi dengan baik: Kompresor adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengubah fluida pendingin menjadi gas panas dan tekanan tinggi. Jika kompresor tidak berfungsi dengan baik, maka AC tidak akan mampu menyerap panas dari udara di dalam ruangan dengan baik, sehingga suhu udara di dalam ruangan tidak akan menjadi dingin.
  • Evaporator kotor: Evaporator adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengubah fluida pendingin menjadi cairan yang dingin. Jika evaporator kotor atau terisi debu, maka AC tidak akan mampu menyerap panas dengan baik, sehingga suhu udara di dalam ruangan tidak akan menjadi dingin.
  • Kondensor kotor: Kondensor adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari fluida pendingin yang sudah dikompresi oleh kompresor. Jika kondensor kotor atau terisi debu, maka AC tidak akan mampu mengeluarkan panas dengan baik, sehingga suhu udara di dalam ruangan tidak akan menjadi dingin.
  • Tekanan fluida pendingin tidak seimbang: Tekanan fluida pendingin yang tidak seimbang dapat menyebabkan AC tidak dingin. Jika tekanan fluida pendingin terlalu rendah, maka AC tidak akan mampu mengalirkan fluida pendingin ke seluruh bagian AC dengan baik, sehingga suhu udara di dalam ruangan tidak akan menjadi dingin. Sebaliknya, jika tekanan fluida pendingin terlalu tinggi, maka AC dapat mengalami kerusakan pada kompresor atau evaporator.
  • Sistem pengendalian suhu tidak berfungsi dengan baik: Sistem pengendalian suhu adalah bagian dari AC yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan. Jika sistem pengendalian suhu tidak berfungsi dengan baik, maka AC tidak akan mampu mengatur suhu udara di dalam ruangan dengan baik, sehingga suhu udara di dalam ruangan tidak akan menjadi dingin.

Setelah melihat penjelasan diatas, sebenarnya kita bisa cek sendiri jika AC tidak dingin. Namun jangan kuatir. Jika perlu bantuan yang profesional, Panggil teknisi dengan layanan service AC jogja menerima panggilan on call 24 jam untuk membantu menyelesaikan masalah AC anda.

Bagaimana sih cara kerja AC itu?

AC atau air conditioning adalah sistem yang digunakan untuk mengatur suhu dan kelembaban udara dalam ruangan. Cara kerja AC secara detail adalah sebagai berikut:

  • Fluida pendingin (misalnya freon) dikeluarkan dari evaporator dan dihisap oleh kompresor.
  • Kompresor mengubah fluida pendingin menjadi gas panas dan tekanan tinggi.
  • Gas panas dan tekanan tinggi yang dihasilkan oleh kompresor kemudian dialirkan ke kondensor.
  • Kondensor mengeluarkan panas dari gas panas dan tekanan tinggi yang dialirkan oleh kompresor. Panas yang dikeluarkan oleh kondensor kemudian disalurkan keluar dari AC melalui kipas.
  • Gas panas dan tekanan tinggi yang telah kehilangan panasnya di kondensor kemudian dialirkan kembali ke evaporator.
  • Evaporator mengubah gas panas dan tekanan tinggi menjadi cairan dingin.
  • Cairan dingin yang dihasilkan oleh evaporator kemudian dialirkan ke seluruh bagian AC melalui pipa.
  • Cairan dingin yang dialirkan ke seluruh bagian AC kemudian menyerap panas dari udara di dalam ruangan. Udara yang telah kehilangan panasnya kemudian disalurkan ke dalam ruangan melalui saluran udara dan kipas.
  • Proses ini terus berulang hingga suhu udara di dalam ruangan mencapai suhu yang diinginkan.

Beberapa jenis AC yang ada di pasaran.

AC atau air conditioning adalah sistem yang digunakan untuk mengatur suhu dan kelembaban udara dalam ruangan. Beberapa jenis AC yang tersedia di pasaran meliputi:

  • AC Split: AC split adalah jenis AC yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu indoor unit (unit dalam ruangan) dan outdoor unit (unit di luar ruangan). Indoor unit terdiri dari evaporator, kipas, dan pengatur suhu, sedangkan outdoor unit terdiri dari kompresor, kondensor, dan kipas. AC split biasanya digunakan untuk ruangan dengan ukuran sedang hingga besar.
  • AC Ducted: AC ducted adalah jenis AC yang terdiri dari satu unit utama yang terletak di luar ruangan, dengan sejumlah saluran udara yang terpasang di dinding atau langit-langit ruangan. AC ducted biasanya digunakan untuk ruangan dengan ukuran besar, seperti kantor atau gedung perkantoran.
  • AC Window: AC window adalah jenis AC yang terdiri dari satu unit yang dipasang di jendela ruangan. AC window terdiri dari evaporator, kompresor, kondensor, dan kipas yang terintegrasi menjadi satu. AC window biasanya digunakan untuk ruangan dengan ukuran kecil hingga sedang.
  • AC Portable: AC portable adalah jenis AC yang terdiri dari satu unit yang dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan. AC portable biasanya dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindah-pindah dan digunakan untuk ruangan dengan ukuran kecil.
  • AC Cassette: AC cassette adalah jenis AC yang terdiri dari satu unit yang dipasang di langit-langit ruangan. AC cassette biasanya dilengkapi dengan kipas dan pengatur suhu, dan digunakan untuk ruangan dengan ukuran sedang hingga besar.

Layanan panggilteknisi.com

panggilteknisi.com Siap Melayani pengadaan ataupun maintenance AC: Perkantoran – Hotel – Perusahaan – Instansi Pemerintahan – Maupun Perseorangan.

Area layanan kami adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.
Kami siap melayani 24 jam untuk service ac area Jogja dan sekitarnya.
Area layanan kami meliputi kepanewonan/kemantren Bambanglipuro, Banguntapan, Bantul, Dlingo, Imogiri, Jetis, Kasihan, Kretek, Pajangan, Pandak, Piyungan, Pleret, Pundong, Sanden, Sedayu, Sewon, Srandakan, Gedangsari, Girisubo, Karangmojo, Ngawen, Nglipar, Paliyan, Panggang, Patuk, Playen, Ponjong, Purwosari, Rongkop, Saptosari, Semanu, Semin, Tanjungsari, Tepus, Wonosari, Galur, Girimulyo, Kalibawang, Kokap, Lendah, Nanggulan, Panjatan, Pengasih, Samigaluh, Sentolo, Temon, Wates, Berbah, Cangkringan, Depok, Gamping, Godean, Kalasan, Minggir, Mlati, Moyudan, Ngaglik, Ngemplak, Pakem, Prambanan, Seyegan, Sleman, Tempel, Turi, Danurejan, Gedongtengen, Gondokusuman, Gondomanan, Jetis, Kotagede, Kraton, Mantrijeron, Mergangsan, Ngampilan, Pakualaman, Tegalrejo, Umbulharjo, Wirobrajan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
Chat dengan marketing kami