Yakin penempatan CCTV di rumahmu sudah benar?

Jika Anda memiliki kamera keamanan rumah, Anda mungkin bertanya-tanya tentang tempat terbaik untuk menempatkannya untuk mencegah aktor jahat dan memberi Anda pandangan terbaik tentang properti Anda — dan di mana untuk tidak menempatkan mereka.

Tata letak rumah dan pekarangan, anggaran, dan prioritas keamanan rumah Anda berbeda dari tetangga Anda, jadi tidak ada aturan yang cocok untuk semua penempatan kamera keamanan. Tetapi panduan ini akan membantu Anda mempertimbangkan semua aspek penyiapan keamanan rumah Anda dan mengidentifikasi mana yang merupakan keharusan mutlak berdasarkan kerentanan di rumah Anda.

Beberapa tempat yang perlu dipertimbangkan untuk dipasang CCTV

1. Eksterior : pintu depan

Anda mungkin berasumsi bahwa penyusup selalu menyelinap ke pintu masuk samping, tetapi statistik dari International Association of Certified Home Inspectors menunjukkan bahwa 34% pencuri menggunakan pintu depan. Itu juga tempat pencuri paket kemungkinan besar akan menyerang. Sebuah kamera di pintu masuk utama Anda mengawasi semua orang yang masuk dan keluar rumah Anda, dari anggota keluarga dan babysitter hingga petugas pemeliharaan, petugas pengiriman, dan banyak lagi. (Tip Pro: Bel pintu video adalah pilihan yang bagus untuk pintu depan. Anda dapat menggunakannya sebagai kamera utama atau bersama dengan kamera luar ruangan lain yang ditujukan ke halaman atau garasi.)

2. Eksterior : pintu belakang atau pintu samping

Pintu yang tidak terlihat memungkinkan pengunjung untuk masuk tanpa terdeteksi, apakah mereka diundang atau tidak. Statistik NACHI menunjukkan 22% pembobolan terjadi melalui pintu belakang. Untuk memastikan pengamatan penuh dari setiap orang yang masuk dan keluar, tambahkan kamera ke pintu sekunder Anda, terutama jika salah satunya digunakan sesering atau lebih sering daripada pintu depan Anda, atau jika salah satu (seperti pintu ruang bawah tanah) tampak sangat menarik atau dapat diakses oleh penyusup potensial.

3. Eksterior : garasi dan jalan masuk

Garasi adalah sasaran umum pencuri karena merupakan salah satu titik masuk terlemah . Kamera yang diarahkan ke garasi dan/atau jalan masuk Anda mengawasi sepeda, peralatan, panggangan, peralatan olahraga, mobil, dan semua orang yang menanganinya. Jika garasi Anda terpisah, kamera membantu Anda tetap terhubung. Jika garasi terpasang, lapisan keamanan ekstra memantau kemungkinan jalan masuk lain ke rumah Anda. Jika ada gerbang di ujung jalan masuk Anda, Anda mungkin menginginkan kamera di sana untuk melihat siapa pun yang mencoba masuk.

4. Eksterior : pekarangan

Memantau halaman akan membantu Anda mengawasi siapa pun yang melihat keluar rumah Anda dari luar. Ini juga berguna untuk mengabadikan aktivitas anak-anak, hewan, dan pelanggar.

5. Interior : area umum

Menempatkan kamera di tempat berkumpul seperti dapur atau ruang tamu adalah cara yang bagus untuk melihat apakah anak-anak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, apakah pengasuh anak penuh perhatian, apa yang dilakukan hewan peliharaan, atau untuk memeriksa bantuan rumah tangga seperti petugas kebersihan dan tukang reparasi. Pertimbangkan untuk memprioritaskan ruangan mana pun yang memiliki jendela besar di lantai dasar — dengan begitu Anda dapat melihat apakah ada orang yang merusaknya atau menggunakannya sebagai titik pembobolan.

6. Interior : tangga atau lorong utama

Tempatkan kamera di jalan raya utama di dalam rumah Anda untuk mempersulit seseorang bergerak tanpa terdeteksi. Jika seseorang masuk melalui kamar mandi, kamar tidur, atau area lain yang tidak terpantau, mereka masih akan tertangkap kamera jika mereka berpindah-pindah rumah.

Area yang tidak boleh ada CCTV

Tempat yang melanggar privasi tetangga Anda. Kamera sangat bagus untuk keselamatan Anda, tetapi Anda harus memperhatikan privasi orang lain di lingkungan Anda. Undang-undang khusus tentang kamera dan privasi bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lain, jadi sebaiknya periksa undang-undang setempat (dan dengan asosiasi pemilik rumah setempat) untuk memastikan Anda tidak perlu membatalkan pemasangan. Secara umum, pemilik rumah diperbolehkan memiliki kamera keamanan luar ruangan yang mencakup area yang luas, dan biasanya tidak apa-apa untuk menangkap properti tetangga Anda yang menghadap ke publik sebagai latar belakang rekaman Anda. Secara hukum, masalah muncul jika kamera Anda menangkap area di mana tetangga Anda mengharapkan privasi (misalnya, jika kamera Anda dapat melihat ke kamar tidur atau kamar mandi mereka) atau jika Anda menggunakan rekaman untuk tujuan non-keamanan. Ingatlah bahwa aturan ini hanya berlaku untuk pengawasan video.

Kamar tidur dan kamar mandi.  Dorongan untuk mengawasi anak-anak atau orang tua di rumah Anda dapat dimengerti. Namun, beberapa area memiliki ekspektasi privasi yang terjamin. Plus, jika Anda menggunakan layanan pemantauan, Anda berisiko  peretas  menyadap kamera yang memiliki akses ke ruang pribadi Anda. Untungnya, ada banyak alternatif. Monitor bayi adalah pilihan cerdas untuk kamar anak-anak yang sangat muda. Detektor gerak dan sensor pemecah kaca, sebagai bagian dari sistem keamanan rumah yang terhubung, dapat ditambahkan ke pintu dan jendela. Sistem peringatan medis pribadi adalah pilihan yang kuat untuk manula.

Optimalkan penempatan kamera untuk fungsi dan visibilitas

Setelah Anda memutuskan lokasi mana yang akan dipantau, Anda juga perlu menyusun strategi bagaimana Anda akan menempatkan dan memasang kamera keamanan untuk menutupi area yang dimaksud.

Pedoman penempatan kamera keamanan luar ruangan

  • Pasang kamera 8 hingga 10 kaki dari tanah. Ketinggian ini cukup rendah untuk menangkap detail halus, tetapi cukup tinggi agar tidak mudah dijangkau oleh pencuri dan pengacau.
  • Jangan arahkan kamera langsung ke matahari. Cahaya terang menyebabkan silau dan kontras tinggi pada rekaman Anda, sehingga sulit mengetahui apa yang terjadi. Pertimbangkan pergerakan matahari dan arahkan kamera Anda untuk cahaya tidak langsung.
  • Putuskan apakah Anda ingin kamera terlihat atau tersembunyi. Kamera keamanan yang terlihat adalah pencegah pencurian yang efektif, tetapi mereka juga menjadi sasaran pencurian dan vandalisme. Beberapa pemilik rumah memilih untuk memasang kamera pemikat palsu dan mendukungnya dengan yang asli yang sedikit lebih tersembunyi, sementara yang lain menambahkan perangkat keras atau selubung tugas berat di sekitar kamera untuk membuatnya lebih sulit rusak.
  • Lindungi kamera dari elemen. Kamera keamanan luar ruangan terbaik memiliki banyak cuaca dan kedap air, tetapi tidak semuanya sama. Pilih kamera yang dinilai sesuai dengan iklim Anda, dan letakkan di bawah atap atau di area semi-terlindung lainnya jika Anda bisa.

Pedoman penempatan keamanan dalam ruangan

  • Sudut adalah temanmu. Menggantung kamera dalam ruangan di sudut ruangan biasanya memberi Anda sudut pandang seluas mungkin.
  • Jendela dapat menyebabkan masalah refleksi. Mengarahkan kamera ke luar jendela dapat menurunkan kualitas gambarnya. Banyak kamera keamanan memiliki teknologi cahaya infra merah, yang membantu mendeteksi gerakan dan memungkinkan kamera berfungsi dalam cahaya redup. Cahaya IR dapat memantulkan jendela dan objek kaca lainnya dan mengaburkan rekaman Anda, terutama dalam kegelapan. Jika rekaman Anda terlihat pudar atau putih, kemungkinan ada masalah refleksi yang terjadi.
  • Jika perlu mengarahkan kamera ke luar jendela, memposisikan lensa sedekat mungkin dengan kaca dan/atau menerangi area luar ruangan (mungkin dengan lampu detektor gerakan) adalah dua langkah meminimalkan silau yang dapat dicoba. Ini juga dapat membantu jika kamera Anda memiliki teknologi wide dynamic range.
  • Sudut untuk cahaya tidak langsung. Sekali lagi, cahaya langsung akan menghapus rekaman Anda. Dengan kamera dalam ruangan, perhatikan lampu, lampu, dan jendela terang. Hindari menghadapkan kamera Anda langsung ke salah satu sumber cahaya ini.

Tips pemasangan kamera CCTV

Ikuti aturan pemasangan ini untuk menghindari sakit kepala.

  • Uji peralatan Anda sebelum melakukan pemasangan penuh. Operasikan kamera di tempat pengujian sederhana untuk memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan. Jika memungkinkan, lakukan uji coba di area yang diinginkan kamera (pasang dengan selotip, paku tunggal, atau perbaikan sementara lainnya) sehingga Anda dapat memantau dan mengevaluasi umpan. Dapatkah Anda melihat semua yang ingin Anda lihat? Apakah sinyal Wi-Fi cukup kuat? Apakah ada silau atau penghalang yang menghalangi bidang pandang?
  • Jangan memasang kamera Anda menggunakan perangkat keras atau alat yang dapat merusak komponennya. Sangat menggoda untuk mengatur pengaturan kamera untuk mencapai posisi yang sempurna. Namun jangan mengambil tindakan yang dapat merusak atau membebani casing, komponen listrik, atau lensa.
  • Ingat Anda perlu sesekali membersihkan atau merawat kamera. Kamera outdoor sangat rentan terhadap akumulasi kotoran atau serbuk sari pada lensa. Jangan memasangnya dengan cara yang tidak memungkinkan pemeliharaannya.

Perlukah anda berinvestasi dalam pemasangan Cctv secara profesional?

Pilihan antara memasang kamera pengintai Anda sendiri atau memasangnya secara profesional pada akhirnya terserah Anda. Jika informasi dalam artikel ini atau petunjuk produsen membuat kepala Anda pusing, Anda tidak perlu mengatasinya sendiri. Namun, perangkat ini semakin mudah didekati dan diakses dari waktu ke waktu dan sering kali disiapkan untuk pemasangan sendiri yang sederhana.

Kamera keamanan yang akan Anda pantau sendiri (berlawanan dengan sistem keamanan yang dipantau secara profesional) biasanya memiliki pemasangan yang paling sederhana. Banyak dari kamera ini berkomunikasi melalui Wi-Fi dan hanya membutuhkan kabel keras ke sumber dayanya. Kamera yang lebih kecil seperti bel pintu video dan kamera lubang intip sering kali menggunakan baterai, yang bahkan lebih ramah pengguna. Kamera keamanan luar ruangan dapat menghadirkan lebih banyak tantangan, terutama jika eksterior rumah memiliki sumber daya yang terbatas, jika Anda tidak memiliki banyak alat atau jika Anda khawatir akan mempengaruhi penampilan rumah Anda. Dalam kasus ini, Anda mungkin ingin mempekerjakan seorang profesional yang berpengalaman dalam pemasangan kamera sebelumnya.

Terakhir, ada beberapa keadaan di mana Anda tidak dapat memasang kamera sendiri. Banyak penyedia terkemuka sistem keamanan rumah terpantau memerlukan instalasi profesional untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Dalam kasus ini, teknisi terlatih mengunjungi rumah Anda untuk membebaskan Anda dari tanggung jawab ini sama sekali. Jika Anda berdedikasi untuk melakukannya sendiri  dan  menginginkan sistem keamanan yang dipantau secara profesional, Anda memiliki banyak  pilihan DIY .

Untuk memperoleh bantuan dalam pemasangan kamera keamanan secara profesional, Anda bisa langsung menghubungi Digna Mitra Isvara. Anda dapat langsung berkonsultasi dengan ahlinya untuk pemasangan kamera secara rapi dan profesional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
Chat dengan marketing kami